Saturday, August 21, 2010

Dari 1977 sampai 2010 (II)



Infografik di atas adalah perkembangan berikutnya dari infografik yang pernah saya poskan sebelumnya.

Walaupun banyak data-data baru yang saya perbaharui, namun infografis ini masih tampak acak-acakan. Ada beberapa sebab, yaitu:

1 | Tidak ada fokus utama
Dalam membuat infografik perlu ada semacam anchor untuk 'mengaitkan' berbagai informasi yang disajikan. Nah, dalam infografik yang saya buat ini, saya hanya menempelkan gambar vektor yang komposisinya tidak seimbang dengan informasi di sekitarnya. Selain itu, anchor yang saya tempelkan itu tidak berinteraksi pula dengan informasi di sekitarnya. Benar-benar tempelan.

2 | Timeline yang tidak konsisten
Di bagian akhir timeline, waktu tampak begitu padat dan tak seimbang dengan waktu di bagian awal. Sehingga waktu yang panjang terlihat pendek dan sebaliknya.

3 | Buruknya pengaturan komposisi informasi
Elemen-elemen grafis dan informasi tidak saling mendukung sehingga terlihat berdiri sendiri. Gambar dan foto tampak bertebaran dan berceceran tanpa maksud yang jelas.

4| Tak memiliki tema warna
Tema warna? Walau terdengar sepele tapi warna berperan penting dalam infografik. Karena warna dapat kita pergunakan untuk memberikan kesan tertentu.

5 | Terlalu banyak informasi tanpa pemilahan
Ya. Dalam infografik kita perlu memilah-milah informasi mana yang bisa disampaikan mana yang tidak. Padahal, di atas, saya berusaha menggabungkan tiga jenis informasi; a. karir b. kecakapan perangkat lunak dan c. informasi kepribadian.

Jadi kalau dibanding-bandingkan, infografik yang saya poskan sebelumnya tampak lebih rapih daripada infografik yang baru di atas. Renovasi infografik ini akan saya lakukan berdasarkan otokritik yang saya lakukan.

Ada yang punya kritik lain?

No comments: