Tuesday, November 9, 2010

Banjir, Tsunami, dan Gunung Meletus

Infografik tentang gunung api di Tempo Interaktif.

Beberapa minggu yang lalu, beruntun bencana menimpa beberapa lokasi di Indonesia. Banjir, tsunami, dan gunung meletus. Ketiga hal tersebut membuat saya was-was karena saya sulit mengantisipasi bencana-bencana tersebut karena karena saya sedang tidak di Indonesia.

Ya, tentu saja saya harus mengantisipasi bencana-bencana yang terjadi di tanah kelahiran saya, karena akar saya di sana. Kedua orang tua, kedua mertua, sanak saudara dan handai taulan masih tersisa di Indonesia. Bagian hidup saya.

Soal terendamnya Jakarta, sesungguhnya saya enggan menyebut banjir yang terjadi di ibukota sebagai bencana. Alasannya, Jakarta masih memiliki kuasa untuk mencegah banjir.

Gempa bumi yang menyebabkan tsunami bukan sesuatu yang dapat kita cegah. Begitu pula dengan gunung meletus. Jadi, saya tak enggan mengategorikan gempa bumi, tsunami, dan gunung meletus sebagai bencana. 

Nah, walaupun ada bencana yang tak bisa dicegah namun semuanya dapat dikendalikan. Setidaknya, manusia mampu mengendalikan dampaknya. Caranya? Bisa Anda gali di Google dan bongkar-bongkar Wikipedia untuk mendapatkan informasi tersebut.

Dalam rangka berbagai informasi, saya membuat infografik tentang gunung api. Diagram yang tayang di TempoInteraktif ini tak berhubungan langsung dengan letusan gunung Merapi beberapa hari lalu, hanya beberapa catatan menarik yang saya kumpulkan dari sana-sini. Saya berharap infografik ini berguna.

Di masa mendatang, saya akan berbagi berbagai infografik yang dapat menjadi pedoman untuk Anda. Tentunya dalam bahasa Indonesia. Setidaknya itulah keahlian saya yang bisa saya bagi kepada Anda. Setidaknya itulah yang bisa saya lakukan.

Belasungkawa.

No comments: