Tuesday, July 13, 2010

Petualangan Tiga Dimensi

Tiga bulan berada di negeri Paman Hồ, keterampilan saya bertambah dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Software-software yang saya kuasai tidak lagi hanya pengolah grafis dua dimensional tapi mulai belajar software-software grafis tiga dimensi semacam 3ds Max.

Dua gambar di bawah adalah hasil usaha saya selama dua minggu setelah trial and error, tutorial, dan bimbingan Anh Hoan. Sekali lagi, step-by-step tutorial yang biasa disediakan software terbukti memberi pengajaran dasar yang berguna untuk penguasaan software. Jadi, jangan malas-malas ngulik tutorial.





Membangun set tadi tidak begitu sulit karena saya sudah terbiasa untuk membuat benda-benda grafis dua dimensional. Yang sulit adalah pengolahan material dan tekstur. Lebih ribet dari dugaan saya sebelumnya. Ditambah lagi pe-ngulik-an lampu dan kamera serta animasi. Ehm, puyeng.

Apa pun kesulitan yang saya alami, toh memberikan pengertian lebih luas tentang dunia grafika tiga dimensional. Seperti kata Bear Grylls, "No pressure, no diamonds."

No comments: