Tuesday, September 14, 2010

Lebaran & TempoInteraktif

Selamat merayakan Hari Kemenangan bagi yang merayakannya! Bersiap untuk mengisi hidup dengan kembali 'clean sheet'.



Nah, saya punya ilustrasi baru yang tampil di atas. Ini minggu kedua partisipasi saya mengisi blog di TempoInteraktif milik grup Tempo. Rekan saya, selaku pengasuhnya, meminta saya untuk mengisi blog milik Tempo itu dengan bloggrafis, kolomgrafis, atau apalah namanya. Karena diberi kebebasan, yang tentu saja tak sebebas-bebasnya, saya menerima tawarannya. Jadilah.

Untuk Anda yang belum tahu, saya pernah bekerja di Tempo selama hampir seputuh tahun. Ada sedikit perasaan 'aneh' yang mengobati rindu. Selaku perancang grafis yang menukangi Majalah Berita Mingguan Tempo, saya harus mematuhi berbagai rambu yang relatif kaku. Dalam blog grafis ini saya diberi kebebasan yang belum pernah saya terima sebelumnya. It's kinda liberating.

Ternyata, kebebasan itu malah terasa mengerikan. Dari pengalaman ini, saya belajar bahwa kebebasan itu lebih berat tanggung jawabnya daripada kekangan. Segala macam keputusan kita pikul sendiri konsekuensinya. Kebebasan membuat saya berpikir lebih keras daripada saat diarahkan oleh orang lain.

Oh, ya! Blog di TempoInteraktif itu di-update tiap Senin. Selamat menikmati. Dan ya, tulisan kali ini seperti mengulang post sebelumnya. Pikirannya sedang nyasar sepertinya....

No comments: